Saat membahas seputar keuntungan esport yang besar ini kadang menjadi peletup dan sekaligus menjawab pertanyaan darimana sumber penghasilan dan juga keuntungan para tim esport ini. Tentunya keuntungan esport adalah suatu achievement atau juga tujuan dan prestasi yang menjadi gol para pemain olahraga elektronik dalam tim masing-masing.

Entah itu saat bertanding resmi atau hanya uji coba saja. Yang jelas ketika membahas seputar hal ini maka banyak sekali yang penasaran dan bagaimana kok bisa tim esport ini memiliki banyak sekali keuntungan esport yang bahkan tidak terhitung banyaknya jika dilihat dari nominalnya saja.

Menyadari potensi memasuki pasar keuntungan Olahraga elektronik, beberapa merek telah melakukan investasi pemasaran Olahraga elektronik yang signifikan. Jadi, industri telah melihat peningkatan pendapatan yang mengesankan dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut analitis Newzoo awalnya, ada kenaikan penghasilan rerata lebih dari 30% tahun sampai 2018. Tingkat kenaikan menurun pada saat ini; namun, pendapatan esport pada 2019 adalah 13,6 tirliyun, masih tumbuh 23,3% YOY (dan sedikit lebih tinggi dari yang diprediksi Newzoo).

Keuntungan Esport dari Hak Siar Selama Covid 19

Namun, COVID-19 memiliki dampak nyata pada pendapatan Olahraga elektronik, dan Newzoo merevisi perkiraan pendapatan Olahraga elektronik 2020 turun dari 15 juta (seperti yang diperkirakan pada Februari 2020) menjadi 12,8 triliyun juta secara global dari esport.

Namun, bahkan prediksi ini tidak cukup pesimis, dengan pendapatan Olahraga elektronik global aktual menjadi 13,7 triliyun pada tahun 2020. Ini mewakili penurunan 1,1% dalam pendapatan YOY.

Penurunan pendapatan ini sebagian besar terjadi karena terbatasnya kehadiran langsung di acara olahraga elektronik, dengan pembatasan pertemuan besar. Sama dengan yang udah kita tonton di dalam tempat lain, esport serta games lebih terkenal dari awalnya – tapi, ada limitasi berkaitan COVID pada saluran penghasilan sekarang ini.

Namun, 2021 terlihat lebih menguntungkan dalam hal pertumbuhan pendapatan esport dari keuntungan esport. Newzoo memprediksi pendapatan tahunan mencapai 2 milyar mewakili pertumbuhan tahun-ke-tahun sebesar 14,5%. Mereka percaya bahwa China akan menghasilkan lebih dari sepertiga pendapatan esport di seluruh dunia kini.

Pemirsa eSports Tumbuh berkat kedatangan COVID-19, sifat eSports telah berubah. Batas antara eSports, streaming langsung, dan bahkan pemasaran influencer menjadi kabur. Pandemi menyebabkan lonjakan penayangan di semua platform streaming langsung. Orang-orang diharuskan menghabiskan waktu di rumah selama penguncian dan beralih ke streaming langsung untuk menghabiskan waktu mereka.

Keuntungan Esport Dari Investasi Pemasaran Brand Esports

Sementara pasar eSports menghadapi tantangan selama waktu ini, ia juga melihat pertumbuhan yang cukup besar dan berkembang ke pasar yang sebelumnya hanya memiliki sedikit aktivitas. Namun, industri mengalami pembatalan banyak acara tatap muka, dan beberapa acara keuntungan esport internasional harus diganti dengan kompetisi regional. Sudah ada peningkatan signifikan dalam pemirsa eSports sejak 2016 – baik pemirsa sesekali maupun penggemar, yaitu pemirsa yang menontonnya secara teratur. Antara 2018 dan 2019, ada peningkatan 12,3% dari tahun ke tahun (menggunakan definisi lama Newzoo).

Dalam angka penyesuaian Newzoo 2019, ada 200,8 juta penonton sesekali dan 197 juta penggemar eSports, sehingga total penonton 397,8 juta. Pertumbuhan dari tahun ke tahun berlanjut pada tahun 2020, dengan 220,5 juta pemirsa sesekali dan 215,4 juta penggemar eSports, gabungan pemirsa eSports sebesar 435,9 juta. Selain itu, peningkatan penggunaan seluler untuk streaming telah mendorong permintaan di pasar seperti India dan Brasil.

keuntungan esport
keuntungan esport

Menyadari potensi memasuki pasar eSports, beberapa merek telah melakukan investasi keuntungan esport dalam pemasaran eSports yang signifikan. Jadi, industri telah melihat peningkatan pendapatan yang mengesankan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut kajian Newzoo awalnya, ada kenaikan penerimaan rerata lebih dari 30% /tahun sampai 2018. Tingkat kenaikan menurun pada saat ini; namun, pendapatan eSports pada 2019 adalah $957,5 juta, masih tumbuh 23,3% YOY (dan sedikit lebih tinggi dari yang diprediksi Newzoo).

Namun, COVID-19 memiliki dampak nyata pada pendapatan eSports, dan Newzoo merevisi perkiraan pendapatan eSports 2020 turun dari $1100,1 juta (seperti yang diperkirakan pada Februari 2020) menjadi $950,3 juta secara global. Namun, bahkan prediksi ini tidak cukup pesimis, dengan pendapatan eSports global aktual menjadi $947,1 juta pada tahun 2020. Ini mewakili penurunan 1,1% dalam pendapatan YOY.

Keuntungan Esport Hadir Dari Platform Live Streaming

Penurunan pendapatan ini sebagian besar terjadi karena terbatasnya kehadiran langsung di acara eSports, dengan pembatasan pertemuan besar. Seperti yang telah kita lihat di tempat lain, eSports dan game lebih populer dari sebelumnya – namun, ada pembatasan keuntungan esport terkait COVID pada aliran pendapatan saat ini.

Namun, 2021 terlihat lebih menguntungkan dalam hal pertumbuhan pendapatan eSports. Newzoo memprediksi pendapatan tahunan mencapai $184,1 juta, mewakili pertumbuhan tahun-ke-tahun sebesar 14,5%. Mereka percaya bahwa China akan menghasilkan lebih dari sepertiga pendapatan eSports di seluruh dunia.

Salah satu alasan utama peningkatan jumlah penonton eSports adalah karena semakin banyak orang yang mempelajarinya dalam keuntungan esport. Ada peningkatan luar biasa dalam kesadaran industri eSports sejak 2015. Saat itu, ada sedikit lebih dari 800.000 orang yang pernah mendengarnya. Beberapa angka ini lekas berganti, serta di tahun seterusnya, lebih satu miliar orang udah belajar terkait eSports.

Angka-angka ini terus meningkat di tahun-tahun berikutnya, beberapa ratus ribu per tahun. Pada 2017, kesadaran eSports telah meningkat menjadi 1,28 miliar sebelum mencapai 1,43 miliar pada 2018 dan 1,8 miliar pada 2019. Menurut prediksi Newzoo, kesadaran global akan eSports diperkirakan akan meningkat menjadi 2,0 miliar pada tahun 2020, termasuk 530,4 juta orang Cina. Sayangnya, Newzoo tampaknya tidak merilis data terbaru secara publik.

Jadi, apa arti peningkatan penayangan dan kesadaran ini bagi merek keuntungan esport? Sejumlah besar, dijelaskan kalau mereka mempunyai aliran baru buat ditarget dalam bauran penjualan keuntungan esport mereka.

Tetapi juga dikatakan bahwa mereka memiliki lebih banyak orang untuk dijangkau dalam industri eSports. Jadi, pemasaran eSports akan membantu mereka memperluas jangkauan dan menyampaikan pesan pemasaran keuntungan esport mereka melalui saluran yang menarik.

Keuntungan Esport Dari Twitch

Newzoo telah menambahkan informasi tambahan dalam laporan tahun ini tentang live streaming game. Platformnya berbeda di seluruh dunia, tetapi yang utama di barat adalah Twitch dan YouTube Live. Streaming keuntungan esport langsung game keuntungan esport sekarang sangat populer di China pada platform streaming seperti Douyu, Huya, Zhangi, Huomao, dan PandaTV.

Pemirsa streaming langsung game esport untuk 2019 dan 2020 masing-masing adalah 593,2 juta dan 662,7 juta. Pertumbuhan 11,7% selama tahun 2020 disebabkan oleh peningkatan waktu yang dihabiskan di rumah dan persyaratan jarak sosial selama pandemi. Newzoo memperkirakan pertumbuhan lebih lanjut sebesar 10,0% menjadi 728,8 juta pemirsa pada tahun 2021. Pada tahun 2024, mereka percaya bahwa pemirsa streaming keuntungan esport langsung game global akan menjadi 830,3 juta, CAGR sebesar 9,2% selama 2019-2024.

Cina sekarang merupakan pasar yang matang. Namun, Newzoo masih memprediksi bahwa penonton live streaming game mereka akan tumbuh dari 185,5 juta pada 2020 menjadi 214,3 juta pada 2024. Mereka juga mengharapkan tingkat pertumbuhan dua digit di banyak negara berkembang, dengan CAGR yang diprediksi untuk wilayah berikut hingga 2024 diharapkan menjadi: Amerika Latin (+14,0%), Timur Tengah dan Afrika (+15,1%), Asia Selatan Tengah ( +14.8%), dan Asia Tenggara (+14.8%).

Tidak mengherankan bahwa lebih banyak orang menonton video keuntungan esport dan acara eSports untuk mendapatkan keuntungan esport, mengingat bagaimana platform online sekarang membuat menonton konten eSports lebih mudah diakses.

Streamer eSports menggunakan platform ini untuk menyiarkan liputan langsung acara dan gameplay keuntungan esport mereka sendiri. Ini memudahkan penggemar untuk berpartisipasi dalam acara favorit mereka dan terlibat dengan atlet eSports pilihan mereka.

Jadi, Anda dapat melihat peningkatan jumlah pemirsa dan penyiar di platform ini juga. Meskipun tidak semua pemirsa dan penyiar di platform ini relevan dengan industri eSports, peningkatan ini kemungkinan masih memengaruhi industri. Streamlabs membuat beberapa pengamatan keuntungan esport menarik dalam laporan Q1 2021 mereka. Statistik ini menggabungkan pasar eSports dan pasar game jika dibandingkan dengan statistik Newzoo.

Mayoritas pemirsa streaming langsung masih lebih suka Twitch. Dengan 6,34 miliar jam menonton, ini mewakili 72,3% pangsa pasar untuk jam menonton, meningkat 6,5% dari kuartal sebelumnya. Penayangan untuk YouTube Gaming turun sekitar 550 juta jam dari Q4 2020 hingga Q1 2021 hingga mencapai 1,37 miliar jam (15,6%). Di sisi lain, pemirsa Facebook Gaming tumbuh sekitar 156 juta jam menjadi 1,06 miliar jam, 12,1% dari total jam menonton untuk keuntungan esport.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *